Manfaat Puasa Senin-Kamis Bagi Seorang Muslim

Dalam Islam,  hari yang paling istimewa adalah hari Jumat. Akan tetapi, ada dua hari lagi yang juga spesial, yakni hari Senin dan Kamis. Ada begitu banyak dalil dari Nabi yang menunjukkan betapa utamanya kedua hari itu. Berikut di antara keutamaan dan keberkahan hari Senin dan Kamis.
 
Keutamaan Hari Senin dan Kamis

Keutamaan pertama: Hari itu adalah hari ketika amalan seorang manusia dihadapkan kepada Allah.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Berbagai amalan dihadapkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Inilah dalil yang mengabarkan kepada kenapa Nabi biasa melaksanakan puasa pada hari Senin dan Kamis. Beliau ingin ketika amalan beliau dilaporkan, beliau berada dalam kondisi sedang berpuasa
Keutamaan kedua: Hari Senin adalah hari ketika beliau diutus menjadi nabi, dan hari diturunkannya wahyu untuk beliau.
Dalam sebuah hadits dari Abu Qatadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162) 

Keutamaan ketiga: Dibukakannya pintu-pintu surga.
Salah satu keutamaan kedua hari itu pintu-pintu surga terbuka. Ketika itulah dosa-dosa seorang mukmin diampuni oleh Allah, kecuali dua orang mukmin yang saling bermusuhan. Dari Abu Hurairah, mengabarkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis, setiap hamba yangg tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut ), kecuali seseorang yang memiliki percekcokan antara dirinya dengan saudarnya. Nanti dikatakan pada mereka akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua damai. (HR. Muslim no. 2565)

Keutamaan keempat: Nabi banyak melakukan safar di hari Kamis.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah sering melakukan perjalanan atau safar di hari Kamis. Dari Ka’ab bin Malik radhiyallahu anhu

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ فِي غَزْوَةِ تَبُوْكَ وَكَانَ يُحِبُّ أَنْ يَخْرُجَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ.”

“Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR. Bukhari)

Manfaat Puasa Senin Kamis
Pada kedua hari itu, sebagai umat Nabi Muhammad, kita disunnahkan untuk berpuasa, seperti yang telah beliau contohkan. Dan hendaknya kita berpuasa dengan niat ikhlas mengharap pahala dari Allah semata.
Ada beberapa keutamaan yang bisa kita peroleh dari merutinkan untuk berpuasa pada dua hari tersebut.

1. Mendidik kita agar hidup sederhana
Salah satu hikmah dari puasa secara umum adalah pengajaran kepada kita tentang kehidupan yang sederhana. Dengan merutinkan puasa, setidaknya dua hari selama sepekan, kita akan berusaha menghindari hal-hal yang tidak disukai oleh Allah Ta’ala, seperti makan terlalu banyak.
Allah subhanallahu wa ta’ala berfirman,

وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“... Dan janganlah kamu berlebihan-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.” (QS. Al-Anam: 141). 

2. Menjaga kesehatan
Sebagian orang berpendapat bahwa puasa bisa memicu penyakit, misalnya maag. Namun pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Memperbanyak berpuasa justru membuat tubuh kita semakin sehat dan teratur.
Berpuasa dua hari selama sepekan pada hari Senin dan Kamis secar rutin juga bisa menanggulangi stress karena puasa melatih kita mengendalikan diri sendiri.

3. Melatih kesabaran
Puasa sunnah Senin-Kamis adalah wahana latihan agar kita bisa bersabar. Menahan diri dari segala sesuatu yang bersifat merugikan diri sendiri, misalnya menahan amarah , menahan segala perbuatan yang diharamkan oleh Allah Subhanallah ta’ala, dll.

Demikianlah tentang beberapa keutamaan hari Senin dan Kamis serta berpuasa di kedua hari itu. Semoga kita senantiasa dimudahkan untuk beramal shalih dengan menjalankan setiap segala sesuatu yang Rasulullah sunnahkan.

Wallahu a’lam bishawab

0 Response to "Manfaat Puasa Senin-Kamis Bagi Seorang Muslim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...
loading...