Manfaat Shalat Shubuh Bagi Seorang Muslim

Viralkan.id - Sholat shubuh adalah salah satu dari sholat yang wajib dikerjakan bagi setiap muslim. Namun masih banyak saudara kita yang malas untuk mengerjakannya. Padahal pada pagi hari terdapat keberkahan yang sangat banyak.
Salah satu keberkahan yang bisa kita raih di waktu itu adalah pahala yang lebih baik dari dunia dan seisinya. Disebutkan dalam sebuah hadits dari ‘Aisyah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725). 

Jika keutamaan shalat sunnah qabliyahnya saja sedemian besarnya, maka keutamaan shalat shubuh itu sendiri lebih besar lagi.
Sebagai seorang muslim, tidak sepatutnya kita meninggalkan shalat, baik shalat shubuh maupun shalat-shalat wajib yang lainnya. Kita tidak bisa menganggap remeh dosa meninggalkan shalat yang lima waku ini.
Dalam sebuah potongan hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut bahwa orang yang meninggalkan shalat shubuh bisa dikatakan sebagai seorang yang munafik. Beliau bersabda,

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat shubuh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mereka yang masih malas dalam mengerjakan shalat subuh bisa jadi belum mengetahui manfaat yang akan mereka dapatkan. Seandainya mereka tahu keutamaannya, tentu mereka akan mendatangi masjid-masjid meskipun harus dengan merangkak.
Salah satu tips agar agar kita bersemangat dalam melaksanakan ibadah wajib maupun sunnah adalah dengan mengetahui keutamaan-keutamaan ibadah yang akan kita lakukan.
Berikut adalah beberapa keutamaan yang bisa diperoleh oleh setiap muslim yang mengerjakan shalat shubuh berjamaah di masjid.

Manfaat Pertama: Mendapat Pahala Sholat Satu Malam Penuh
Untuk mendapatkan pahala shalat semalam penuh, kita cukup dengan mengerjakan shalat subuh berjamaah di masjid. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa yang shalat isya berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim).

Manfaat kedua: Mendapatkan Jaminan Allah
Siapa yang tidak ingin mendapat jaminan dari Allah? Sholat shubuhmu bisa mengundang kasih sayang dari Allah berupa jaminan yang Dia berikan kepada setiap hambanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang sholat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

Manfaat ketiga: Disaksikan Malaikat Allah
Malaikat adalah makhluk Allah yang paling taat dan tidak pernah melakukan dosa. Setiap waktu malaikat selalu berdzikir kepada Allah, dan Apabila ia berdoa pasti akan lebih cepat dikabulkan oleh Allah Ta’ala.
Pada saat waktu fajar, malaikat berkumpul untuk menyaksikan manusia yang sedang melaksanakan sholat shubuh, seperti yang diterangkan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadits,

“Dan para malaikat malam dan siang berkumpul pada sholat fajar (subuh).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Manfaat keempat: Tidak Akan Masuk Neraka
Menjadi penghuni neraka jelas bukanlah hal yang diharapkan oleh setiap manusia, bahkan orang kafir pun ingin masuk surga. Dan keutaamaan tidak akan masuk neraka ini bisa diraih oleh setiap muslim yang mengerjakan shalat shubuh berjamaah di masjid. Dalam sebuah hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

”Tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit (subuh) dan sebelum matahari tenggelamnya (ashar)(HR. Muslim)

Demikian manfaat-manfaat yang akan kita dapatkan apabila kita rutin shalat shubuh berjamaah di masjid. Semoga Allah Ta’ala memberikan kepada kita keistiqamahan dalam menegerjakannya.
Wallau a’lam bi shawab

0 Response to "Manfaat Shalat Shubuh Bagi Seorang Muslim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...
loading...