10 Tips Latihan Untuk Mengatasi Sakit Pinggang atau Syaraf Kejepit


Viralkan.id - 10 Tips Latihan Untuk Mengatasi Sakit Pinggang atau Syaraf  Kejepit. Sakit pinggang atau syaraf kejepit adalah salah satu keluhan yang paling sering terjadi pada sebagian orang dewasa. Sakitnya benar-benar terasa sangat menganggu aktivitas harian kita, bila tidak cepat-cepat kita atasi. Berikut ini ada 10 tips latihan atau gerakan untuk mengatasi sakit pinggang atau syaraf kejepit yang direkomendasikan oleh Kang Abay

Latihan 1 : Child Pose Stretch untuk melenturkan dan meluruskan ruas-ruas yang ada di tulang belakang.


  • Rileks.
  • Tahan selama 5 detik.
  • Ulangi sebanyak 3 - 5 kali

Bagian yang terasa : otot tertarik di bagian area lumbar dan bagian lengan bawah.

Latihan 2 : Shell Stretch untuk melatih otot-otot di bagian perut.


  •          Tarik nafas dalam-dalam
  •          Tahan selama 3 - 5 detik
  •          Tarik perut kebagian dalam
  •          Hembuskan secara perlahan
  •          Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali

Informasi tambahan : orang yang bermasalah dengan sakit pinggang biasanya otomatis otot perutnya lemah.

Latihan 3 : Cobra Stretch untuk membantu merelaksasi otot-otot yang berasa di bagian lumbar atau tulang belakang.


  •          Tahan selama 7 detik
  •          Rasakan peregangan atau otot yang menegang di area lumbar atau di bagian pinggang.
  •          Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali

Latihan 4 : Piriform Stretch berguna untuk merelaksasi otot piriform yang ada di bagian pantat.


  • Jika rasa sakit ada di sebelah kaki kanan maka angkat kaki kanan Anda lalu silangkan ke atas kaki kiri.
  • Tarik sejauh mungkin mendekati ke arah dada.
  • Akan terasa otot yang ke tarik di sekitar paha bawah hingga area pantat.
  • Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali.

Latihan 5 : Hit Stretch



Tingkat lanjut dari teknik piriform stretch jadi jangan di paksa, lakukan sesuai kemampuan Anda.
  • Jika kaki yang sakit kaki sebelah kanan, maka kaki kanan yang ada didepan dengan membentuk kurva 90 derajat.
  • Kaki kiri tarik lurus hingga tumit kaki berada di atas bukan disamping.
  • Tahan sekitar 7 detik kemudian lemaskan.
  • Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali.

Latihan 6 : Sit Stretch


  • Dekatkan telapak kaki sebelah kiri dengan telapak kaki sebelah kanan hingga bertemu.
  • Tekuk lutut dengan menggunakan kedua tangan Anda.
  • Turunkan wajah Anda hingga mulut menyentuh lantai.
  • Lalu pindahkan badan Anda sejauh 45 derajat dengan kedua tangan lurus ke depan.
  • Tahan hingga 7 detik kemudian lemaskan.
  • Lakukan teknik ini 3 - 5 kali.

Latihan 7 : Pelvic Tilt Stretch


  • Angkat pantat Anda setinggi mungkin
  • Tahan 7 - 15 detik.
  • Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali.

Latihan 8 : Both Knee Stretch


  • Tekuk kudua kaki Anda dengan bantuan tangan.
  • Dekatkan ke arah perut.
  • Tahan hingga 7 detik kemudian lepaskan.
  • Luruskan salah satu kaki Anda
  • Tarik kaki yang lain ke arah perut dengan bantuan tangan.
  • Tahan hingga 7 detik kemudian lepaskan.
  • Ganti dengan kaki yang satunya.
  • Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali.

Latihan 9 : One Leg Raise


  • Luruskan salah satu kaki Anda ke arah atas membentuk kurva 90 derajat.
  • Usahakan jangan di tekuk.
  • Gunakan alat bantu seperti kain / handuk / sarung.
  • Tahan sekitar 7 detik kemudian lemaskan
  • Ganti dengan kaki yang satunya.
  • Kemudian lakukan dengan kedua kaki.
  • Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali.

Latihan 10 : Prone Torso Twist


  • Tekuk dan putar salah satu kaki membentuk 90 derajat ke arah samping.
  • Tahan sekitar 7 detik dengan menggunakan salah satu tangan.
  • Jangan lupa bernafas.
  • Ganti dengan kaki yang satunya.

Usahakan untuk melakukan terapi ini minimal satu kali sehari ya, silahkan share bila bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Latihan Untuk Mengatasi Sakit Pinggang atau Syaraf Kejepit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...