10 Tips Latihan Untuk Mengatasi Sakit Pinggang atau Syaraf Kejepit


Viralkan.id - 10 Tips Latihan Untuk Mengatasi Sakit Pinggang atau Syaraf  Kejepit. Sakit pinggang atau syaraf kejepit adalah salah satu keluhan yang paling sering terjadi pada sebagian orang dewasa. Sakitnya benar-benar terasa sangat menganggu aktivitas harian kita, bila tidak cepat-cepat kita atasi. Berikut ini ada 10 tips latihan atau gerakan untuk mengatasi sakit pinggang atau syaraf kejepit yang direkomendasikan oleh Kang Abay

Latihan 1 : Child Pose Stretch untuk melenturkan dan meluruskan ruas-ruas yang ada di tulang belakang.


  • Rileks.
  • Tahan selama 5 detik.
  • Ulangi sebanyak 3 - 5 kali

Bagian yang terasa : otot tertarik di bagian area lumbar dan bagian lengan bawah.

Latihan 2 : Shell Stretch untuk melatih otot-otot di bagian perut.


  •          Tarik nafas dalam-dalam
  •          Tahan selama 3 - 5 detik
  •          Tarik perut kebagian dalam
  •          Hembuskan secara perlahan
  •          Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali

Informasi tambahan : orang yang bermasalah dengan sakit pinggang biasanya otomatis otot perutnya lemah.

Latihan 3 : Cobra Stretch untuk membantu merelaksasi otot-otot yang berasa di bagian lumbar atau tulang belakang.


  •          Tahan selama 7 detik
  •          Rasakan peregangan atau otot yang menegang di area lumbar atau di bagian pinggang.
  •          Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali

Latihan 4 : Piriform Stretch berguna untuk merelaksasi otot piriform yang ada di bagian pantat.


  • Jika rasa sakit ada di sebelah kaki kanan maka angkat kaki kanan Anda lalu silangkan ke atas kaki kiri.
  • Tarik sejauh mungkin mendekati ke arah dada.
  • Akan terasa otot yang ke tarik di sekitar paha bawah hingga area pantat.
  • Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali.

Latihan 5 : Hit Stretch



Tingkat lanjut dari teknik piriform stretch jadi jangan di paksa, lakukan sesuai kemampuan Anda.
  • Jika kaki yang sakit kaki sebelah kanan, maka kaki kanan yang ada didepan dengan membentuk kurva 90 derajat.
  • Kaki kiri tarik lurus hingga tumit kaki berada di atas bukan disamping.
  • Tahan sekitar 7 detik kemudian lemaskan.
  • Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali.

Latihan 6 : Sit Stretch


  • Dekatkan telapak kaki sebelah kiri dengan telapak kaki sebelah kanan hingga bertemu.
  • Tekuk lutut dengan menggunakan kedua tangan Anda.
  • Turunkan wajah Anda hingga mulut menyentuh lantai.
  • Lalu pindahkan badan Anda sejauh 45 derajat dengan kedua tangan lurus ke depan.
  • Tahan hingga 7 detik kemudian lemaskan.
  • Lakukan teknik ini 3 - 5 kali.

Latihan 7 : Pelvic Tilt Stretch


  • Angkat pantat Anda setinggi mungkin
  • Tahan 7 - 15 detik.
  • Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali.

Latihan 8 : Both Knee Stretch


  • Tekuk kudua kaki Anda dengan bantuan tangan.
  • Dekatkan ke arah perut.
  • Tahan hingga 7 detik kemudian lepaskan.
  • Luruskan salah satu kaki Anda
  • Tarik kaki yang lain ke arah perut dengan bantuan tangan.
  • Tahan hingga 7 detik kemudian lepaskan.
  • Ganti dengan kaki yang satunya.
  • Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali.

Latihan 9 : One Leg Raise


  • Luruskan salah satu kaki Anda ke arah atas membentuk kurva 90 derajat.
  • Usahakan jangan di tekuk.
  • Gunakan alat bantu seperti kain / handuk / sarung.
  • Tahan sekitar 7 detik kemudian lemaskan
  • Ganti dengan kaki yang satunya.
  • Kemudian lakukan dengan kedua kaki.
  • Ulangi teknik ini sebanyak 3 - 5 kali.

Latihan 10 : Prone Torso Twist


  • Tekuk dan putar salah satu kaki membentuk 90 derajat ke arah samping.
  • Tahan sekitar 7 detik dengan menggunakan salah satu tangan.
  • Jangan lupa bernafas.
  • Ganti dengan kaki yang satunya.

Usahakan untuk melakukan terapi ini minimal satu kali sehari ya, silahkan share bila bermanfaat.

0 Response to "10 Tips Latihan Untuk Mengatasi Sakit Pinggang atau Syaraf Kejepit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...
loading...