Inilah 3 Kelebihan dan Kekurangan Jus Buah atau Sayur


Viralkan.id – Apakah jus itu sehat? Seringkali kita mengira bahwa jus adalah minuman yang sehat dan menyehatkan. Namun ternyata jus juga memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui bilamana Anda ingin membeli atau membuat jus buah atau jus sayur sendiri. Berikut ini adalah 3 kelebihan dan 3 kekurangan dari minuman jus dari dr. Sung yang perlu Anda ketahui.

3 Kelebihan Jus :

1.   Jus mudah untuk di konsumsi. Dengan jus Anda sudah tidak perlu lagi mengunyahnya karena fungsi gigi Anda sudah digantikan oleh blender. Namun Anda tetap harus mengunyah makanan yang lain. Jus sangat bermanfaat dan sangat efisien untuk mereka yang kesulitan untuk mengunyah. Seperti sakit gigi, sariawan ataupun untuk orangtua atau orang yang baru saja memasang kawat gigi karena itu terasa sakit jika di pakai untuk mengunyah. Sehingga jus merupakan alternatif yang baik untuk Anda.
2.   Nutrisi dalam jus lebih mudah dan lebih cepat diserap oleh tubuh Anda. Karena sebenarnya makanan yang masuk ke mulut Anda harus di kunyah terlebih dahulu sebanyak 32 kali. Dan pada proses sampai ke lambung akan bercampur lagi dengan sebuah cairan. Sehingga lebih mudah diserap oleh usus Anda. Sedangkan jus sudah berbentuk cairan sehingga nutrisi nya akan lebih mudah terserap oleh tubuh Anda.
3.     Mengurangi jumlah buah yang di buang. Buah dengan bentuk yang kurang menarik, penyok atau terlalu matang hingga mendekati busuk namun masih bisa atau baik untuk di makan dengan kandungan gizi yang tentu saja masih baik  biasanya seringkali di buang dan disingkirkan karena bentuknya yang menghilangkan selera makan Anda. Namun jika di buat jus maka kita tidak akan lagi melihat bentuknya dan dengan senang hati meminum jus tersebut.

3 Kekurangan atau Kelemahan Jus :

1.    Buah yang di jus akan kehilangan seratnya. Sebagai contoh jika Anda membeli jus wortel maka biasanya Anda tidak meminta ke penjual untuk di berikan sekaligus dengan ampasnya. Hal ini beda jika Anda mengunyah wortel secara langsung maka semua serat yang terkandung di dalam wortel juga akan masuk ke dalam tubuh Anda. Oleh karena tubuh kita juga memerlukan serat maka bolehlah kita sesekali membuat atau membeli jus dan sesekali juga perlu kita untuk mengunyahnya.
2.     Terlalu banyak gula. Buah-buahan yang terlalu manis biasanya sudah terdapat fruktosa (gula buah) di dalamnya. Namun biasanya jika Anda membeli jus maka penjual akan menambahkan gula yang cukup banyak di dalamnya, belum lagi jika setelah itu masih ditambah lagi dengan susu kental manis atau susu coklat yang membuat jus tersebut menjadi semakin nikmat. Namun jika Anda mengkonsumsi hal seperti itu secara terus menerus bisa jadi Anda malah terkena obesitas atau terkena diabetes. Tips saat Anda membeli jus, mungkin Anda bisa memesan dengan gula yang sedikit atau mungkin tanpa es atau bisa jadi minta ditambahkan dengan sayur-sayuran lainnya seperti sawi atau seledri atau sayuran lain tergantung selera Anda.
3.     Jus tidak dapat menurunkan berat badan Anda. Sayur dan Buah memang baik untuk proses diet Anda, tapi bukan hanya di jus. Banyak yang beranggapan bahwa jika buah atau sayuran itu di jus lalu kemudian di konsumsi pagi, siang sore ataupun malam maka berat badan kita akan turun. Dan sebenarnya ini keliru, bahwa tubuh selain membutuhkan nutrisi dari buah dan sayuran juga memerlukan zat-zat gizi yang lainnya seperti protein, karbohidrat maupun serat. Jika Anda membuatnya menjadi jus maka seratnya sudah tidak ada. Maka Anda juga perlu mengkonsumsi buah secara biasa dengan cara mengunyah agar semua kandungan yang baik dari sayuran dan buah tersebut dapat terserap sempurna ke dalam tubuh kita.

Demikian 3 kelebihan dan 3 kekurangan sayur dan buah-buahan yang di konsumsi menjadi jus. Dalam hal ini sebaiknya jus hanya di gunakan sebagai makanan tambahan saja dan tidak dijadikan sebagai makanan utama. Silahkan di share jika bermanfaat.

0 Response to "Inilah 3 Kelebihan dan Kekurangan Jus Buah atau Sayur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...
loading...